HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

DPKL LSM LIRA Kelurahan Tangkahan Minta Dinas Pertamanan Dan Kebersihan Kota Medan lakukan Perawatan Pohon

Ket Gambar : Ketua DPKL LSM LIRA Kel.Tangkahan Wilmar Napitupulu

TANGKAHAN |JOB.OR.ID-DPKL Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kelurahan Tangkahan,Kecamatan Medan Labuhan Minta Dinas Pertamanan Dan Kebersihan Kota Medan agar melakukan perawatan.

Peristiwa pohon tumbang yang terjadi 2 (dua) minggu yang lalu di blok G Jln Sembilang 1 dan 14 Griya 2 (dua) Kelurahan Tangkahan kecamatan Medan Labuhan harus ditanggapi serius oleh Pemerintah Kota Medan. Sebab, diketahui di Griya 2 (dua) dan 3 (tiga)  banyak ditumbuhi pepohonan yang besar dan sudah tua yang memiliki usia diatas puluhan.


“Kita tidak ingin masyarakat Kelurahan Tangkahan ketika melintasi Jalanan tersebut Kecamatan Medan Labuhan seperti dihantui pohon tumbang saat hujan turun di sertai angin kencang. Karena dibeberapa Jalan tersebut diketahui usia pepohonannya banyak sudah rapuh , sehingga perlu perawatan khusus agar tidak terjadi lagi pohon tumbang yang bisa memakan korban warga kelurahan Tangkahan,” terang Wilmar Napitupulu kepada Jurnalis Online Bersatu (JOB) ,Rabu pagi (17/06/2020) sekira pukul 09.00 WIB.

Wilmar menambahkan, Dinas Pertamanan Kota Medan seharusnya melakukan pemantauan dan mengawasi terhadap pohon-pohon yang diketahui rawan tumbang akibat sudah tua, sebab, jika terjadi pohon tumbang jangan mencari alasan akibat angin kencang dan bencana alam.

“Kita ketahui, akibat pembangunan yang pesat di wilayah Kelurahan Tangkahan kecamatan Medan Labuhan kemungkinan akar-akar pepohonan tidak lagi maksimal mencakup nutrisi air dari dalam tanah sehingga bisa saja menyebabkan lemahnya akar pohon dan berpengaruh kepada batang pohon yang membuat pohon lama-kelamaan bisa tumbang dan menimpa pengguna jalan di bawahnya,” ungkap wilmar selaku Lurah DPKL LSM LIRA Kelurahan Tangkahan.


Wilmar menegaskan, agar Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan tegas mengintruksikan Kabid Pohon Dinas Pertamanan Kota Medan untuk mengecek dan memberikan perawatan serta pemantauan terhadap pohon-pohon yang diketahui sudah tua dan rawan tumbang.

Kasus yang menimpa warga Kecamatan Medan Labuhan, tambah Wilmar ,siapapun tidak ada yang menginginkan terjadi, namun saat terjadi pohon tumbang dan menimpa rumah penduduk, warga pengguna jalan, apalagi sampai memakan korban jiwa, tanggung jawab siapa, jangan nanti setelah ada kejadian dan korban, barulah dinas pertamanan sibuk untuk melakukan perawatan. ” Ini menyangkut nyawa masyarakat, sebaiknya Dinas Pertamanan sudah harus mampu mendeteksi mana pohon yang perlu diawasi atau jika memang perlu dilakukan pemangkasan terhadap pohon,” terangnya.


Aktivis LSM LIRA Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan ini juga meminta agar Dinas Pertamanan Kota Medan segera memangkas pohon-pohon yang diketahui sudah rindang, dibeberapa jalan seperti di Jalan Rawa 1(satu),Griya Martubung 2 (dua) dan 3 (tiga) dan taman bermain mana diketahui sudah ada ranting pohon melewati badan Jalan. Karena keberadaan ranting pohon tentunya sangat mengganggu dan membuat kawatir pengguna jalan.Warga tentunya takut tiba-tiba ranting pohon patah dan menimpa mereka,” tegasnya.

Diakhir wawancara awak media, Wilmar berharap agar Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan belajar dari daerah lain tentang bagaimana cara merawat pepohonan agar tetap tumbuh kuat dan terawat, karena diketahui ada anggaran yang digelontorkan Pemko Medan untuk biaya perawatan pohon termasuk melakukan pemangkasan pepohonan di Kota Medan khusnya di kelurahan Tangkahan.

(Jurnalis Online Bersatu)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *