HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Sejak Tahun 70-an Konflik/Tawuran Antar Warga Lorong di Kec. Medan Belawan Sudah Terjadi

Ket Gambar : Saat Personil Polres Pelabuhan Belawan turun ke TKP melerai Tawuran yang terjadi di Lorong Melati dan Gudang Arang.(JOB)

BELAWAN | JOB.OR.ID-Konflik/Tawuran antar Lorong di Kec. Medan Belawan sudah terjadi sejak tahun 70-an yang dipicu mulai dari hal hal kecil antara warga sehingga menjadi permasalahan besar yang berujung menjadi konflik antara lorong yang mengakibatkan kerugian materil maupun korban jiwa.

Pihak aparat keamanan baik TNI maupun Polri serta Pemko Medan bersama dengan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat  telah berupaya melakukan langkah langkah pencegahan dan penanganan untuk antisipasi terjadinya Tawuran antara warga.

Saat ke pemimpinan Kapolda Sumut Irjen Pol Unggro Seno telah dilakukan upaya menyatuhkan masyarakat yang berkonflik dengan acara potong sapi, kemudian situasi berangsur pulih namun selang beberapa tahun  kemudian terjadi lagi.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya di hari Rabu Tanggal 27 Mei 2020 sekira Pukul 00.30 Wib, telah terjadi kembali Konflik/Tawuran kembali antara Pemuda Lorong Melati dengan pemuda Gudang arang Belawan, tawuran terjadi karena dipicu adanya permasalahan  pada hari Selasa Tanggal 26 Mei 2020 sekira Pukul 01.00 Wib  salah seorang warga Gudang Arang yang mengendarai sepeda motor di berhentikan oleh pemuda Lorong Melati dan pemuda lorong Melati tersebut menyita sepeda motor warga Gudang Arang, sehingga pemuda Gudang Arang tidak terima dan melakukan aksi balas dendam dengan melempari warga lorong Melati sehingga terjadi aksi Tawuran antara warga.


Menindak lanjuti kejadian tersebut telah dilakukan langkah upaya Pada hari Sabtu Tanggal 30 Mei 2020 Polres Pelabuhan Belawan melakukan Rapat Koordinasi Penanganan Konflik antara warga dengan unsur FORKOPIMCA Medan berserta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Selanjutnya,Membuat Posko di pemukiman warga Lorong Melati dan Gudang Arang dengan melibatkan perkuatan dari unsur  Kepolisian, TNI, Pemko dan Aparat Keluruhan/Kepling untuk antisipasi terjadinya tawuran antara warga.

Kemudian lakukan giat patroli bersama dari satuan Polres, Koramil dan pihak Kecamatan di lingkungan warga yang berpotensi konflik guna cegah terjadinya Tawuran.

Dalam penanganan konflik sosial tersebut, perlu adanya penanganan serius dan Peran aktif dari Pemko Medan dan instansi terkait lainnya sesuai dengan UU No. 7 tahun 2012 tentang Penanganan Konflik sosial.

Karena melihat dari kehidupan masyarakat Medan Belawan khususnya warga lorong Melati yang sering terjadi konflik bahwa taraf kehidupannya dibawah garis kemiskinan serta anak mudanya untuk tingkat Pendidikannya sangatlah rendah dan tidak memiliki pekerjaan tetap,  sehingga hal ini mejadi salah satu faktor terjadi konflik sosial yang berujung pada bentrok antar warga.

(Jurnalis Online Bersatu)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *