HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kapolda Sumut Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Terkait Karhutla Tingkat Provinsi Sumatera Oleh Gubsu



JOB.OR.ID | MEDAN-Kapolda Sumut menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Kebakaran Hutan dan Lahan Tingkat Provinsi Sumatera oleh Gubsu bertempat di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Rabu (12/02/2020) pkl 10.00 Wib s/d 11.50 Wib

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Provsu Baskami Ginting, Pangdam I/BB / diwakili  Staf Ahli, Kajati Sumut Dr. Amir Yanto, SH, MH, PJU Polda Sumut, Para Bupati/Walikota Provsu, Kapolres/ta/tabes Jajaran Polda Sumut, Dandim Jajaran Kodam I/BB, Para Kepala BPBD Kab/Kota Provsu Seluruh Peserta Rakorda yang hadir

Gubernur Sumut menyampaikan bahwa Presiden RI sudah menjadikan kasus Karhutla sebagai Atensi baik dari Pencegahan, Pemadaman, dan penangkapan pelaku. Dengan atensi Presiden Tersebut merupakan keseriusan dari pemerintah pusat dalam menangani kasus Karhutla.


Terkait penanganan Karhutla ini agar para pejabat TNI/Polri yang berada diwilayah ancaman Karhutla Agar siap siaga untuk mencegah terjadinya karhutla. Penguatan koodinasi antara Pemprovsu/Kab/Kota dengan TNI/Polri ditingkatkan serta masing-masing daerah mengalokasikan biaya pada APBD.

Sementara itu, Kapolda Sumut menyampaikan bahwa Polda Sumut dengan Forkopimda Provsu, para Kapolres Jajaran, Bupati/Walikota dan BPBD Provsu sudah melakukan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Penanganan Bencana alam yang terjadi di Sumut. Hal tersebut menjadikan Komitmen bagi seluruh unsur terkait agar selalu siap siaga apabila ada kasus bencana alam dengan mengedepankan Pencegahan.

Beliau mengusulkan agar Kades, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas yang merupakan 3 Pilar melaksanakan apel siaga Karhutla di berbagai titik Hotspot rawan Karhutla di Sumut. Para Kapolres juga diminta untuk melakukan koordinasi dengan para Dandim guna mencegah para pemilik lahan-lahan luas tidak membakar lahannya.



Identifikasi penyebab kebakaran dari faktor alam yaitu sambaran petir dihutan pada saat musim kemarau dan aktivitas vulkanis seperti aliran lahar dan letusan gunung berapi. Sedangkan faktor manusia yaitu tindakan Sengaja untuk membersihkan lahan dengan membakarnya dan kelalaian manusia seperti membuang puntung rokok.

Kapolda Sumut menegaskan kepada para pelaku dunia usaha lahan agar membuat parit disebagian sela lahannya, kemudian membuat Mug tempat penampungan air guna mengantisipasi apabila terjadi kebakaran, dan menyediakan fasilitas pemadam api sehingga diharapkan kejadian Karhutla di Sumut tidak terjadi kembali di Sumut.

(Jurnalis Online Bersatu)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *