HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kasat Bimmas Sergai Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Muspika Perbaungan dan Pegajahan Terkait Penanggulangan Covid-19


SERGAI | JOB.OR.ID-Kapolres Sergai,AKBP Robin Simatupang SH MHum melaui Kapolsek Perbaungan,AKP Viktor Simanjuntak memimpin rapat koordinasi bersama Kasat Binmas Polres Sergai,AKP Syarifuddin dan beberapa Kepala Desa/Lurah di Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan terkait dengan Penanggulangan untuk menekan penyebaran Covid-19 yang sudah tingg, bertempat di Aula Bayangkari Polsek Perbaungan Kec. Perbaungan Kabupaten Sergai,Rabu (25/08/2021) sekira pukul 10.30 Wib

Selain Kasat Binmas Polres Sergai,AKP Syarifuddin dan Kapolsek Perbaungan,AKP Viktor Simanjuntak,turut hadir Danramil 07 Perbaungan,Kapten Inf.Sucipto,Lurah dan Kades, Bhabinkamtibmas Kec.Perbaungan dan Kec. Pegajahan,Para Kepling dan Kadus yang warganya terpapar Covid 19.

Acara diawali dengan kata sambutan dan arahan Kapolsek Perbaungan,AKP Viktor Simajuntak,Kita dikumpulkan disini dalam rangka kordinasi dan menekan serta upaya untuk menurunkan Penyebaran Covid-19 di Kec.Perbaungan dan Kec. Pegajahan 

"Adapun rapat kordinasi ini bapak dan ibu karena telah meningkatnya penyebaran Covid19 di beberapa desa/kelurahan.Untuk pelaksanaan isolasi mandiri agar perangkat desa mengontrol orang yang isoman sehingga tidak ada orang lain terpapar.Tim Tracing melakukan pendataan dan kontak erat untuk memutus mata rantai penyebab Covid-19,"jelas AKP Viktor.

Lebih lanjut AKP Viktor memaparkan cara untuk memutus mata rantai penyebab Covid-19 salah satunya dengan dilakukan penyekatan.

"Adapun warga kita yang tepapar Covid-19 tersebut adalah karena tidak mematuhi Prokes.

Agar lokasi penyekatan di desa yang menentukan Penyekatan adalah Desa dan petugas pengejarannya dibuat menjadi 3 (tiga) Shif sehingga dapat bergantian jaga di Penyekatan tersebut serta Penyekatan diikuti oleh perangkat desa, Kadus, kepling, dan ormas, tokoh pemuda,"katanya.

AKP Viktor juga menyampaikn,Jika ada orang luar yang mau masuk ke desa/kelurahan, agar disekat dari Pos penyekatan dan tanyakan Surat Vaksin dan di Antigen masyarakat tersebut.

"Dalam Pos penyekatan dikedepankan para Kades/lurah dan Kadus dan relawan dan dibantu ole pihak TNI dan  kepolisian( Babinsa dan Bhabinkamtibmas )untuk mendampingi tugas dilapangan.Setiap ada permasalahan di kelurahan dan desa sampaikan kepada saya, sehingga kita dapat memecahkan dan menyelesaikan permasalah tersebut,"ucap Kapolsek.

"Di kelurahan dan Desa agar tempat isolasi dibuat sehingga jika ada masyarakat yg perlu isolasi sudah ada tempatnya.Agar masyarakat yang isolasi mandiri diberitahukan jangan kemana-mana sehingga tidak menyebarkan Virus Covid-19 dan setiap kegiatan Ops Yustisi yang kami laksanakan di Kelurahan/Desa agar perangkat desa ikut dalam pelaksanaan Ops Yustisi tersebut serta Aktif Rumah Isolasi di desa ,jika ada yg tepapar warganya segera di isoman yang telah di sediakan oleh Desa,"tandas Kapolsek Perbaungan,AKP Viktor Simanjuntak.

Selanjutnya kata sambutan dan arahan dari Kasat Bimas,AKP Syarifuddin,Dirinya menerangkan tujuan dilaksanakan rapat koordinasi dalam rangka penanggulangan atau menekan penyebaran Covid-19 yg tinggi.

"Kita harus sama-sama open dalam menanggulangin permasalahan Penyebaran Covid-19,"singkat AKP Syarofuddin.

Kemudian dilanjutkan kata sambutan dari Kepala Desa Sei Jenggi,Sutarman,Ia menyampaikan maksud dan tujuan kita hadir dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 yang meningkat.

"Memang ada beberapa masyarakat Desa Sei Jenggi yang Positif Covid-19 dan mereka sudah melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.Masalah penanggulangan Kami sudah lakukan secara maksimal.Permasalah penyekatan kami bingung Karena kami berada di jalan lintas, sehingga kami mendirikan Posko Penyekatan Covid-19.Ruang isolasi sudah Kami siapkan di desa,"ucap Kepala Desa.

Lalu kata sambutan dari Lurah Simp 3 Pekan,Suhendra,Kami minta petunjuk dimana dibuat Pos penyekatan, walaupun begitu kami akan cari tempat untuk pembuatan Portal Pos penyekatan.

"Kami di Kelurahan sudah membuat tempat isolasi.

Kami sudah menyampaikan kepada masyarakat agar diluar rumah tetap memakai masker dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan,"terang Suhendra.

Pantauan Wartawan dilokasi,sebanyak 11 (sebelas) Kepala Desa /Lurah dan Kadus yang di undang dalam rapat koordinasi terkait penanggulangam untuk menekan penyebaran Covid-19 yang sudah tinggi di wilayah hukum Polres Sergai.

Kemudian dilakukan Diskusi dan tanya jawab.

Dalam hasil diskusi dan tanya jawab permasalahan yang disampaikan peserta,Masih bnyak yang beraktifitas keluar kota yang dikhawatirkan terpapar covid diluar.

Kelurahan simp.3 Pekan dan Desa Sei Jenggi sulit untuk membuat portal/penyekatan karena pusat kota dan jln lintas.Ada warga yang sudah sembuh/ negatip,tapi masih terdata di data konfirmasi covid. 

Banyak warga yang ingin divaksin namun Puskesmas minim vaksin terutama dosis l.Masih ada warga yang sakit dan dirawat dirumah yang gejalanya mengarah covid.19 namun pihak nakes ada yang enggan melakukan swab.

Bagi desa/ link yang ada diinti kota/ jln lintas jika tidak memungkinkan untuk dilakukan portal/ penyekatan agar meningkatkan Operasi Yustisi,himbauan,teguran,membubarkan kerumunan oleh satgas desa.

Warga yang sudah sembuh/ negatip dengan hasill swab yang negatif, satgas membuat laporan kesatgas Kecamatan dan seterusnya untuk diexit disatgas Kabupaten.

Bagi warga yang sering beraktifitas keluar kota agar diedukasi,himbau untuk tetap prokes dan sesekali diswab antigen untuk mengantisipasi terpapar covid.

Saat ini vaksin untuk dosis l masih menunggu distribusi dari pusat dan yang diprioritaskan adalah dosis ll.

Para Kades sepakat untuk membenahi rumah isolasi didesa dan mensosilisasikan warga yang terkonfirmasi untuk bersedia diisoman di rumah isolasi desa atau isoter di replika.

Kegiatan tersebut berakhir pukul 12.25 Wib dan berjalan dengan aman dan lancar,selanjutnya ngecek rumah isolasi didesa.

(JOB/H)

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *